Rapat Koordinasi AIPTLMI

Dalam rangka konsolidasi anggota AIPTLMI, diadakan rapat koordinasi anggota AIPTLMI bertempat di Program Studi DIII Teknologi Laboratorium Medik Poltekkes Kemenkes Banten. Rapat tersebut dihadiri oleh 76 institusi anggota AIPTLMI dari 7 regional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang diwakilkan oleh dosen dan pimpinan program studi di masing-masing institusi.

Dalam rapat ini, Ketua Umum AIPTLMI, Dr. Budi Santoso, M.Si.Med. menyampaikan laporan Uji Kompetensi Nasional 2018 yaitu lulusan DIII Teknologi Laboratorium Medik yang kompeten adalah sebesar 61,47%. Rapat ini juga dihadiri oleh Prof. Aris Junaedi selaku Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti sekaligus menyampaikan kebijakan dalam exit exam 2019.  Beliau menyampaikan bahwa ada 3 landasan yang mendasari kebijakan exit exam yaitu landasan Filosofis, Sosiologis, dan Yuridis. Landasan Filosofis yang dimaksud yaitu harmonisasi sistem pendidikan dan pelayanan untuk standarisasi profesionalisme tenaga kesehatan, Landasan Sosiologis terkait dengan tujuan dan manfaat dari aspek user dan stakeholder, AIP dan OP, serta Landasan Yuridis sesuai dengan UU No.36/2014 tentang Tenaga Kesehatan, UU No.38/2014 tentang Keperawatan, dan Permenristekdikti No.12/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa bidang Kesehatan.

Selain itu, disampaikan juga strategi dalam persiapan Try Out dan Uji Kompetensi 2019 yang disampaikan oleh Dewi Inderiati, M.Biomed dan Mardiana M.Biomed selaku Bidang Penjaminan Mutu dan Akreditasi AIPTLMI. Di akhir acara, setiap bidang pengurus pusat AIPTLMI menyampaikan program kerja untuk 4 tahun ke depan.

Sumber : AIPTLMI

Pengumuman

Berita terbaru